Tuesday, January 02, 2007

34 minggu (28 Desember 2006 - 3 Januari 2007)

34 weeks 4 days 34 weeks 4 days

Kunjungan rutin per-dua minggu-an ketiga: Jumat, 29 Desember 2006
Usia gestational: 34 minggu, 1 hari

Ibundanya Z
Berat Badan: 142 lbs atau 64.4 kg. Total kenaikan dari dua minggu lalu sekitar 2.2 lbs atau kurang lebih 1 kg.

Total kenaikan berat badan sebelum hamil (50.35 kg) sampai usia kehamilan 34 minggu 1 hari (64.4 kg) adalah 14.05 kg atau 30.97 lbs.

Pemeriksaan rutin urine (protein dan glukosa): normal.

Tekanan darah: 94/63

Baby Z
Berat badan: kurang lebih 5.6 lbs atau 2.56 kg

Detak jantung rata-rata: 146/menit

Posisi: Kepala sudah berada di bawah (dokter kelihatan senang banget sehabis memeriksa posisi baby Z).

Bunda dan Ayahnya ZKarena padatnya acara kumpul keluarga Kearns, appointment dengan dokter kami minta dimajukan dari jam 4 ke jam 2... soalnya jam 5-6 kita diharapkan sudah berada di rumah Uncle Peter di Ellicott City.

Alhamdulillaah, hasil pemeriksaan secara keseluruhan semua normal dan baik seperti yang diharapkan. Dokter kelihatan tidak khawatir dengan tekanan darahku yang agak rendah dari minggu sebelumnya. Kata beliau, masih dalam kisaran normal. Begitu pula waktu saya laporkan tentang kontraksi palsu yang sejak minggu lalu kerap saya rasakan serta oedema di pergelangan kaki kalo kelamaan berdiri. Beliau cuma tersenyum dan bilang Braxton Hicks itu ibarat "latihan" dan itu tanda yang baik (alhamdulillaah) asalkan tidak diikuti dengan tanda-tanda menjelang melahirkan seperti sakit di panggul yang tak henti, spotting, pecah ketuban yang diikuti dengan rasa sakit karena kontraksi, dst. Sedangkan bengkaknya pergelangan kakiku beliau anggap masih dalam taraf normal karena tekanan darahku yang "normal" (untukku... soalnya memang kisaran tekanan darahku sekitar 90-120). Beliau bilang, ntar kalo menjelang melahirkan tekanan darahku akan naik lagi... so no worries there. Ah, good... alhamdulillaah! . Kunjungan kali ini, dokter juga melakukan Group B streptococcus screening. Moga-moga hasilnya nanti negatif... biar kurang lagi kekhawatiran menjelang melahirkan nanti, insya Allah.

Monitor detak jantung JuniorTrus, seperti biasa detak jantung si Junior juga dimonitor selama kurang lebih 15 menit. Alhamdulillaah, kisaran detak jantungnya normal (120-160 per menit) meski kadang "lompat" juga sampe' batas tertinggi 160 bpm kalo dia bergerak aktif . Setelah 15 menit berakhir dan dokter memeriksa grafik yang ada di monitor diiringi (seperti biasa) senyum manis, beliau memberitahu kami bertiga (kali ini Iman juga ikutan) kalo Junior kami baek-baek saja dan mempersilakan kami untuk ke front desk bikin janji untuk dua minggu mendatang. Tak lupa mengucapkan "Eid Mubarak" kepada ibu dokter dan suaminya serta para asistennya sebelum kami pulang (mereka lebaran Idul Adha-nya mengikut ke Saudi yang jatuhnya tanggal 30 Desember alias besok... sedangkan kami insya Allah mengikuti Badan Fiqh Amerika Utara sesuai dengan perhitungan/hisab yang jatuhnya hari Minggu 31 Desember).

Kunjungan berikutnya, insya Allah usia kandunganku 36 minggu (WOW!!!! 9 bulan bo'!!!), tanggal 12 Januari jam 4 sore.

2 comments:

Anonymous said...

Suka banget sama foto Yaty di atas yang berbaju putih. Cantik dan kinclong. Ini akibat rajin ngaji niih :)

Emaknya anakanak

Yaty Yasir said...

Makasih, Maknya Lowell & Forrest... *mmuuaahh* atas pujiannya ;). Padahal menurutku, di foto itu malah diriku jadi kelihatan 'raksasa' banget, hehehe