Wednesday, January 03, 2007

7 perubahan tubuh ibu hamil...

Artikel ini saya dapatkan di majalah BabyCenter edisi Third Trimester (Juni - November 2006) halaman 52-53 yang ditulis oleh Jessie Hartland dengan gaya jenaka lengkap dengan gambar gaya karikatur yang beraneka warna. Judul aslinya: 7 Things to Know About Your Changing Body.

7 hal yang perlu diketahui tentang perubahan tubuh ibu hamil:

  1. Rahim/uterus yang berkembang/membesar menekan semua yang berada di sekitarnya. Tubuh serasa seperti balon yang siap untuk "meletus" karena penuh dengan cairan.
    Sekali lagi, rahim membesar dan yang merambah kemana-mana merupakan "pelaku kejahatan"... karena menghambat nadi utama dan menyebabkan terperangkapnya cairan di kaki dan telapak kaki... alias bikin kaki bengkak dan frekuensi BAK (buang air kecil) jadi gila-gilaan!
    Rahim yang membesar juga menekan paru-paru menyebabkan napas calon ibu jadi pendek (alias cepat po-so, kata orang Makassar, hehehe).
  2. Buah dada menjadi BESAR dan penuh ... sebagai persiapan untuk bayi yang kelaparan. Daerah sekitar puting menjadi berwarna lebih gelap (biar gampang terlihat oleh bayi kali' ye? ). Cairan berwarna kekuningan yang disebut colostrum mulai merembes keluar.
  3. Untuk "melawan" indigestion dan kembung: frekuensi makan lebih sering, porsi makanan lebih kecil, dan jangan memakan makanan yang berminyak/berlemak.
  4. Selama masa kehamilan, hormon relaxanin melemaskan jaringan yang menghubungkan antara tulang panggul (pelvic bones). Hal ini kelak sangat berguna dalam proses melahirkan (memudahkan bayi untuk keluar). Hormon relaxanin ini juga menyebabkan tangan dan tungkai (kaki) menjadi lebih lemas/relaks.
  5. Bayi yang sedang sibuk bertumbuh dalam rahim sangat membutuhkan kalsium... dan bila tidak cukup asupan kalsium maka bayi akan mengambilnya langsung dari persediaan tubuh sang ibu. Jadi, konsumsi lah kalsium paling sedikit 1,000 (seribu) milligram setiap harinya untuk menghindari rapuh tulang (bagi ibu).
    Selain dari suplemen tablet kalsium yang biasanya diberikan dokter untuk ibu hamil, kalsium dapat pula diperoleh dengan mengkonsumsi es krim ( whooohooo!!!), susu, dan keju.
    Kalo suka ikan teri alias mairo, silakan deh di-cambo'... karena ikan jenis ini sangat sangat kaya akan kalsium. Klo saya suka bikin sambal goreng teri kering... tapi sebelum menggoreng, saya mesti buka semua pintu dan jendela di rumah serta memperingatkan David dan Iman, sebelum mereka berdua bilang: "what's that so stinky?". Bah!!!
  6. Jadi pikun alias "pregnancy brain"? (Saya menyebutnya: "amnesia" ). Hal ini kemungkinan disebabkan oleh:
    * perubahan hormon
    * mengkerutnya otak (tenaaaaaaaaaang... ini sifatnya sementara saja *hiks*)
    * kecapékan
    * pikiran dipenuhi segala sesuatu tentang BAYI!
  7. Perbanyak istirahat alias TIDUUUUUUUUR!!! Dan perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan choline, seperti: telur, kacang-kacangan, jeruk (dan sebangsanya alias citrus), ikan, dan gandum.
    Aneh ya... kalo di kampung/tanah air ibu hamil dilarang untuk banyak tidur. Katanya bisa bikin si ibu maupun bayinya jadi malas. Ada juga yang beranggapan kalo kebanyakan tidur nanti anaknya jadi besar dan sulit untuk "keluar" pada saat proses persalinan. Wallaahu a'lam. Yang jelas, semua literatur dan buku yang saya baca di sini malah menganjurkan ibu hamil (terutama yang sudah masuk trimester ketiga) untuk memperbanyak tidur dan istirahat karena cuma itu saat yang paling lapang alias longgar untuk istirahat cukup. Jangan harap bisa cukup istirahat dan tidur kalo bayi sudah lahir! begitu katanya.
    Well, di sini semua serba harus dikerjakan sendiri. Tidak ada nenek/tante/adik/kakak/sepupu dst yang bisa membantu mengurus bayi maupun pekerjaan sehari-hari di rumah. Tidur akan jadi sesuatu yang sangat istimewa bila masa super sibuk itu tiba. So, enjoy it while it lasts...

Catatan: Tulisan yang berwarna MERAH merupakan komentarku sendiri dan bukan dari artikel yang saya terjemahkan bebas di atas

1 comment:

Anonymous said...

Lagi baca2 jurnal ini.. aku mikir.. lah.. sesudah brojol dua bocah.. kok baru skr nambah ilmu ttg kehamilannya? Hihihihihihihi.. *beneran ini sambil nyengir2 blo'on* Ini akibat jurnalnya Mommy Baby Z sangat enak dibaca kali yaah.. :)