Sunday, January 07, 2007

35 minggu: Sibuk sibuk... Siap siap!!!

35 weeks 3 daysWeekend kali ini judulnya "siap-siap menyambut Junior" . Memang, sejak kejadian hari Kamis lalu dengan "mucus plug" -- yang kayaknya jadi 'shock therapy' bagi kami berdua yang bagi orang lain mungkin terlihat "terlalu santai" dengan persiapan menyambut bayi -- kami jadi terkaget-kaget dan langsung deh bergerak cepat mengingat tanda-tanda prelabor makin kelihatan nyata. Apalagi kemarin pagi (6 Januari) waktu bangun tidur, I noticed another discharge... another mucous... and this time was bigger "chunk" than the first one, though it was as the same as before: there's no "bloody show" which is quite relieving. Seperti yang sudah saya ceritakan pada posting sebelumnya, "mucus plug" ini merupakan "sumbat"nya rahim (bentuk rahim memang diibaratkan seperti botol) yang berfungsi sebagai pengaman. Pada saat waktu kelahiran sudah dekat, "sumbat" ini akan terlepas, dan merupakan salah satu tanda prelabor. So, we definitely know that it's coming... very very soon!!!

Graco Spree 521 Travel System, Days of HunnyHari Sabtu (*whew* saking panasnya, tidak berasa kayak winter deh... masa' suhu udara luar sampe' 24 derajat Celcius!!!), kami berdua (weekend kali ini Iman habiskan di rumah Mamanya) ke shopping center untuk membeli carseat yang sebelumnya sudah David browsing lewat internet. Kebetulan pas ada yang theme-nya Classic *Winnie the* Pooh (Pooh Days of Hunny) merek Graco Sungride with EPS plus stroller-nya yang direkomendasikan oleh BabyCenter dan lolos seleksi tes keselamatan untuk carseat bayi. Tapi karena harganya beda jauh dengan kalo beli online, akhirnya kita memutuskan untuk pesan lewat internet saja dan akan diantar ke rumah insya Allah kurang dari seminggu.

Selain itu, kita juga beli (online) Graco Pack 'n Play dengan theme yang sama. Graco Pack 'n Play, Pooh Days of HunnyAwalnya David mo beli bassinet... tapi saya pikir Pack 'n Play ini jauh lebih ekonomis dan bisa dipake' jangka panjang dibanding bassinet (kita memang tidak berniat beli crib... soalnya rencananya si Junior mo saya tidurkan di samping saya, insya Allah). After that, we went to GAP-Baby beli beberapa items yang ada dalam "list" yang blum sempat kami beli, terutama yang akan dibawa ke hospital nanti. *Hiks* jadi dumba'-dumba' (deg-degan) deh kalo ingat labor (melahirkan) dan rumah sakit .

Sampe' di rumah, langsung semua barang-barang si Junior saya cuci dengan deterjen khusus bayi yang sudah dibelikan David sejak beberapa waktu lalu. Oh iya, pada saat packing waktu mo pindah dulu saya sempat lihat ada quilt tua di lemarinya David. Waktu itu saya pikir punyanya Iman... Barang-barang Junior, dan quilt bersejarah punya Ayahternyata setelah saya tanyakan ke David dia bilang itu adalah quilt yang dibuat khusus oleh Grandma Ann (mamanya Mom; yang dipanggil oleh cucu-cucunya "Mao" -- ini ada sejarahnya ) untuk menyambut kelahiran cucu keduanya (David). Wowww!!! Langsung deh, quilt tua (lebih tua dari David!) yang bersejarah itu saya cuci dan seterika dengan hati-hati. Insya Allah akan saya taruh di tempat tidurnya Junior... untuk menemani mimpi-mimpi indahnya si Junior saat lelap .

Semua sudah lengkap meski kita belinya juga tidak banyak-banyak amat, yang penting ada dulu. Soalnya banyak sekali teman yang menyarankan untuk tidak "heboh" beli ini itu dalam jumlah yang banyak karena semuanya akan terpake' dalam jangka waktu yang sangat singkat saja (bayi bertumbuhnya kayak "weed" kata orang sini, hehehe). Makanya barang-barang khusus untuk newborn (0-3 months) kita beli paling banyak setengah lusin (6 buah saja). Tinggal blankies alias selimut dan popok saja yang masih kurang. Makanya, tadi seharian kita shopping lagi deh buat persiapan Junior (tuh kaaaaan... sesuai judul, hehehe). Yang went crazy malah si Ayah nih sampe' di beberapa tempat main borong selimut, some organizers, another bodysuits yang semua tema-nya Classic Pooh. David cerita, dulu waktu Iman lahir dia juga membeli semua barang bayi bertema Classic Pooh plus boneka beruang Winnie the Pooh... dan untuk adéknya Iman dia kasih boneka Tigger! Saya hanya senyum-senyum saja. Saya sih mikirnya bagemana nanti kalo melahirkan... semoga selamat sehat walafiat Bunda dan Junior, insya Allah.

Boneka Tigger untuk Junior... dan suitcase merah siap sedia untuk dibawa ke hospitalTerakhir, packing barang-barang yang akan dibawa ke rumah sakit nanti. It's better to prepare earlier. Saya ingat kakak-kakakku dulu packing-nya jauh-jauh hari sebelum waktu melahirkan. Jadi, begitu waktunya tiba mereka tinggal nenteng tas tanpa perlu sibuk urus ini itu lagi. Sebelumnya, saya bikin list di spreadsheet trus print out dan mengecek ini itu sebelum memasukkannya satu-satu ke dalam suitcase/koper. Satu set pakaian untuk Junior lengkap dengan snowsuit pemberian Grandma-Grandpa-nya (yang kelak akan dipake' pulang dari rumah sakit, insya Allah) juga saya pack rapih dalam plastik.

Daftar barang yang masuk koper yang saya rangkum dari berbagai sumber (siapa tahu bisa berguna bagi para ibu hamil lainnya):

UNTUK BUNDA: KEPERLUAN MELAHIRKAN -- FOR LABOR

  • Birth Plan (printed)
  • Health Insurance Card and hospital paperworks
  • Simple hijabi caps (songkok jilbab... kalo orang Makassar bilang: cipo-cipo)
  • Bathrobe
  • Baju "daster" batik katun yang nyaman (ini kalo ndak mo pake' baju yang disediakan oleh rumah sakit, tapi saya siapkan saja)
  • Sarung (karena rencana mo pake' baju rumah sakit, saya pikir sarung batik akan sangat bermanfaat sebagai "bawahan" atau rok. Sarung batik ini juga pemberian ibuku... jadi seperti keepsake... biar terasa Ibu ada menemaniku, insya Allah. *hiks* jadi rindu Ibuuuuuuu!!!)
  • Slippers (sandal) dan kaos kaki
  • Quran ukuran kecil (ini pemberian Ayah dulu sebelum saya ke sini)
  • iPOD yang sudah kuisi dengan bacaan Quran 114 surah lengkap
  • Nintendo DS (handheld video game) dengan beberapa games dan charger-nya (just in case... ini kalo ada waktu saja)
  • HP dan charger-nya

UNTUK AYAH -- FOR PARTNER

  • Kamera digital + batere AA cadangan
  • Toiletries: sikat gigi, pasta gigi, shampoo, sabun mandi, dst.
  • Sepasang baju ganti (maklum, rumah sakit kita jaraknya tidak dekat dari rumah, jadi David rencana untuk menginap juga)
  • Sajadah kecil
  • Nintendo DS + games + charger
  • HP dan charger

SEHABIS MELAHIRKAN: UNTUK BUNDA -- POSTPARTUM

Saya kurang tahu di sini berapa lama biasanya setelah melahirkan Ibu dan Bayi diperbolehkan pulang. Tapi melihat pengalaman beberapa temans, bila tidak ada komplikasi dan semuanya sehat wal-afiat baik ibu dan bayinya, biasanya nginap di RS cuma sekitar 2 hari (kalo di tanah air kayaknya antara 5-7 hari ya?!). We'll see...

  • Baju batik panjang
  • Hijab/jilbab pendek yang simpel
  • Pakaian dalam (beberapa "nursing bras" dan undies)
  • Breast pads
  • Sanitary pads (katanya disiapkan juga sama rumah sakit, tapi saya juga siapkan untuk jaga-jaga)
  • Sarung
  • Keperluan mandi/toiletries: pasta gigi, sikat gigi, shampoo, sabun mandi, dst
  • Sisir/hairbrush
  • Makeup simpel: pelembab muka (face moisturizer) dan lip gloss
  • Alat pemotong kuku bayi/baby nail clippers
  • Jamu Habis Bersalin (David sudah beli online... he's sooooo sweet!)
  • Satu set pakaian untuk Bunda untuk dipake' pulang ke rumah (siap di-packed dalam plastik)
  • Satu set pakaian untuk Junior dipake' pulang ke rumah (siap di packed dalam plastik)

Alhamdulillaah... semua selesai sebelum malam tiba. David cuma senyam senyum melihat semua barang yang saya sudah pack masuk ke dalam koper. Pas lagi nonton tv berdua, tiba-tiba punggungku (tengah ke bawah) rasanya seperti kram, tapi tidak berlangsung lama. Ouch... tanda lagi kah ini?

Kayaknya Junior tahu kalo Bundanya baru saja habis packing sehingga doi jadi excited . Aduh Nak... sabar... sabar... at least sampe' kita ketemu dokter yang jadwalnya hari Jumat nanti ya? In the mean time, kita lanjut ngaji yuk...

6 comments:

Anonymous said...

waaahhh...sudah "siap tempur" nih...
dulu waktu hamil anak kedua, sy super duper santai. eh...ternyata dia lahir sebulan lbh cepat dr perkiraanku. Jadilah kami ke rumkit dengan persiapan seadanya.
begitumi kalo orang malas...he...he...

oke...semoga proses lahiran baby z diperlancar dan dipermudah oleh allah swt yaa...

mama farhan n fathur

Yaty "BundaZahra" Yasir said...

Amiiiiiin!! dan terima kasih atas doa ta'!
Iye' ini sudah siap-siap tapi tetap tonji dumba'dumba', hehehe.
Eh, masih di Adelaide ki' atau sudah di Makassar kah?

Anonymous said...

Insya Allah persiapan menyambut baby Z sudah mantap mi. Sekali lagi semoga semuanya sehat2 dan lancar nah.

Eh kalau di Inggris, ibu2 yg habis melahirkan kadang2 langsung pulang ke rumah hari yg sama, kalau tdk ada masalah dgn ibu dan bayinya. Sekke'nya di'. Kalau di kampung biasanya paling cepat 3 hari.

Yaty "BundaZahra" Yasir said...

Makasih na Miya *mmuuaahh*. Iyo, di sini juga kayaknya makin lama makin cepat di'pulang'kan ibu dan bayi sehabis melahirkan. Sekke' meng-tong! Dulu sa ingat kakak-kakakku kayaknya antara 5-7 hari itu proses labour-nya normal dan tanpa komplikasi. Kayaknya sekarang di Makassar juga cuma 3-4 hari sudah boleh pulang mi (pengalaman beberapa temans kantor).

Anonymous said...

Hati2 kalau beli perlengkapan bayi, saya ngga tau harga dan saya beli di toko "Kasih Ibu" di mangga dua ITC, awal2nya harga barang yg ditanya dimurahin dan pas kita beli yg lain2 dimahalin (bisa 2 kali lipat), ini anak pertama saya. Ini pelajaran untuk yg lain, saya ditipu hampir Rp.800,000. Rada licik caranya, hati2 kaum ibu2. Baby box aja mau dijual harga 1.8 juta dan untung saya ngga jadi beli, abis pulang saya check cuman 1.1 juta. Toko ini rada licik caranya. Saya tidak mau ibu2 lain kena tipu seperti saya, pastiin beli barang dari beda2 toko, percuma beli dari satu toko, discount tetep sedikit.

Anonymous said...

Hmmm...