Sunday, January 28, 2007

Hospital tour

Konfirmasi hospital tour dan denah VHCTadi siang akhirnya kami berdua bisa ikutan tour di Unit Kesehatan Ibu dan Bayi (Women and Infant Health Childbirth) di Virginia Hospital Center (VHC) setelah dua minggu menunggu dengan harap-harap cemas karena tour ini selalu penuh. Waktu David menelepon beberapa minggu lalu, kita sebenarnya dapat tempat untuk tour yang jadwalnya tanggal 4 Februari tapi kemudian begitu si EO tour ini tahu kalo due-date baby Z tanggal 8, langsung deh kita "disisip" masuk ke jadwal hari ini . Itupun kami berdua sambil bercanda sering berandai-andai kalo ndak akan sempat ikut tour si baby sudah lahir... atau pas acara tour kita langsung tinggal ndak pulang lagi ke rumah . Ternyata andai-andai dan candaan tersebut tidak terbukti, hehehe... soalnya sampe' di rumah dan nulis postingan ini si baby Z masih santay di dalam perut Bunda. Mungkin mencoba jadi Ayah's sweetheart -- anak kesayangannya Ayah yang nurut kata Ayahnya untuk lahir hari Jumat tanggal 2 Februari nanti . Saya bilang ke David... bisanya itu!!! Tuhan ko kah? (Catatan: ini dialek ala Ujungpandang yang artinya sama dengan: emangnya kamu Tuhan?) hahahaha!

Alhamdulillaah, kami berdua betul-betul bersyukur tadi bisa ikutan tour. Banyak sekali informasi berguna yang kami dapatkan dalam waktu 1 jam 15 menit (2:00pm - 3:15pm) yang diberikan oleh seorang suster (nurse) senior dengan cara yang sangat santai dan komunikatif. Peserta tour ada sekitar 10 pasangan yang rata-rata due date-nya beragam antara sebulan maupun dua bulan mendatang. Yang jelas, cuma saya dan seorang calon ibu (due date-nya tanggal 5 Februari!) yang due date-nya kurang dari dua minggu... dan semua nampaknya noticed (memperhatikan) kalo perutku sudah drop sekali dan jalan sudah betul-betul megal-megol karena kepala si baby sudah sangat berada di bawah . Sementara tour, si baby Z jadi sangat excited... mungkin merasa kalo Bunda dan Ayahnya juga sangat excited ya . Doi tidak berhenti bergerak aktif... bahkan kadang diiringi dengan kontraksi Braxton Hicks. Kalo sudah begitu, saya malah jadi mempercepat jalan sambil mengelus-elus perut.

Format isian dan lembaran informasi Childbirth Center VHCPertama, kami dibagikan booklet yang berisi: lembaran pre-registrasi (yang harus dikirim ke VHC via pos segera setelah di-kopi -- just in case, sebelum form itu diterima pihak RS saya sudah melahirkan), lembaran informasi umum tentang Women and Infant Health Childbirth, lembaran petunjuk tentang What to take and what not to take to the hospital, serta majalah/buletin umum VHC. Trus, ibu suster mengumpulkan kami di ruang konferensi yang ada di samping gedung Women and Infant Health Unit dan selama kurang lebih 30 menit memberikan informasi secara detail mulai dari A sampe' Z. Lalu kita diajak tour keliling fasilitas yang ada di "birthing center", mulai dari pintu masuk (emergency room setelah jam 8 malam) sampe' ke lantai 3 untuk melihat ruang melahirkan (delivery room), ruang istirahat/perawatan (recovery room) setelah melahirkan dan kamar perawatan bayi (nursery room). Ruang melahirkan dan ruang perawatan semua sifatnya "private" (tidak berbagi dengan pasien lain)... dan tidak seperti rumah sakit... nyaman dan (moga-moga) bikin betah. Untuk persalinan normal dan tidak ada komplikasi (insya Allah), pasien akan diinapkan selama 2 hari (48 jam setelah melahirkan) sedangkan untuk yang menjalani c-section menjalani perawatan di RS selama kurang lebih 5 hari (na'uudzubilllaahi min dzaalik -- Saya berlindung kepada Allah dari hal yang demikian).

Virginia Hospital CenterTernyata banyak sekali "tata cara" rumah bersalin (birthing/childbirth center) yang beda dengan yang saya ingat waktu di tanah air (pengalaman menemani Kak Ina dan Kak Ida melahirkan... terakhir kali sih memang sekitar 11 tahun lalu waktu Kak Ida melahirkan anak pertamanya, Lilid). Di sini tidak dianjurkan untuk makan pada saat proses kelahiran dan untuk menghindari dehidrasi, si ibu diberikan IV (intra-vena; infus) sekalian memudahkan memasukkan obat langsung ke tubuh bila dibutuhkan. Padahal terus terang, saya paling takut mi yang namanya jarum... tapi oh well ... kalo itu memang yang terbaik? Apalagi pengalaman selama hamil dengan banyak berurusan dengan lab (ambil sampel darah) bikin saya ndak lagi terlalu heboh (baca: takut) dengan jarum suntik dan rekan-rekannya yang menakutkan itu. Masih banyak sebenarnya yang ingin saya cerita... tapi waaaaaaaaah... bisa-bisa postingan ini sampe' kayak surat kabar, hee hee. Sayangnya, saya tidak sempat untuk mengambil gambar selama tour... ya soalnya konsentrasi pada penjelasan ibu suster jadi ndak terpikir untuk berfoto ria. In general, kami puas dan senang sekali ikut tour tadi. Bikin kami berdua merasa aman dan nyaman... paling tidak sudah tahu prosedur awal kalo saatnya tiba untuk melahirkan. Tour selesai sekitar jam 3:20 dan kami langsung balik pulang ke rumah (ternyata perjalanan dari rumah ke VHC hanya sekitar 30 menit!), singgah sebentar di perpustakaan Rockville pinjam buku.

Semangat 45 mengisi format dan re-packingBegitu sampe' di rumah, saya jadi "semangat 45" mengisi format pre-registrasi, re-packing barang yang mo dibawa ke RS (yang di koper merah) yang saya sesuaikan dengan keterangan ibu suster pada saat tour tadi ke ransel/backpack khusus untuk dibawa ke ruang melahirkan (dipisah dengan yang akan dibawa ke ruang perawatan... untuk memudahkan, which I found masuk di akalku ). Gara-gara ikut tour tadi, saya jadi bertambah excited... jadi tidak sabar rasanya untuk melihat baby Z, anakku. Apalagi tadi sempat lihat di ruang perawatan bayi ada dua orang bayi yang masih merah (baru lahir hari ini!)... aaawwwwww!!! they're soooo tiny... sooooo precious!

Kalo saya sibuk dengan format isian (David sudah baca semua lembaran informasi yang diberikan VHC sejak tour tadi), si Ayah malah asyik memperhatikan apa saja yang saya masukkan ke ransel/backpack untuk disimpan di bagasi mobil. Jangan lupa mengingatkan saya untuk bawa kurma (english = dates) ya? katanya. Kalo baby Z lahir dan setelah saya adzan dan iqomat-kan, kan sunnah mencicipkan kurma yang manis itu ke baby (just a tiny bit... asal berasa saja)? Heh? Juga kompas dan sajadah kecil buat si Ayah. Iya deh... saya ikut saja, Daeng sayang ...

Alhamdulillaah, semua sudah beres... kami juga puas dengan tour yang kami ikuti tadi. Sekarang tinggal duduk manis... waiting for "the time" to come ...

No comments: