Wednesday, December 27, 2006

33 minggu (21 - 27 Desember 2006)

Here we go! Minggu ini penuh dengan "kejutan". Untuk pertama kalinya saya merasakan yang namanya "kontraksi palsu" Braxton Hicks. Tidak sakit memang, tapi cukup bikin saya berseru "WOW!!!" pada saat saya dan David lagi antrian mo beli kopi di toko buku waktu mengantar Iman untuk dijemput Mamanya. Otot rahim serasa mengeras dan seperti ada desakan di jalan lahir. Sensasi itu tidak berlangsung lama... hanya sekitar 40 detik saja tapi sungguh sempat bikin saya rada-rada "heboh", maklum pengalaman pertama, hehehehe. Gimana ya dengan teman-teman sesama ibu hamil yang sudah merasakan pengalaman kontraksi palsu ini sejak usia kandungan 5 bulan? Kayak adik iparku yang tinggal di California bilang kalo Braxton Hicks ini dia rasakan sejak usia kehamilannya baru 24 minggu.

33 weeks 2 days 33 weeks 5 days

Kejutan selanjutnya adalah "bengkak"! Hee hee. Kalo di perut sih memang sudah 'bengkak' sejak awal kehamilan . Yang saya maksudkan adalah kaki yang bengkak alias swollen feet atau oedema. Kejadiannya waktu sibuk sibuk kemarin itu... sampe' lupa daratan (ingat lautan, hehehe) kalo lagi hamil dan tidak boleh berdiri dalam waktu lama. Yang bikin saya tidak begitu khawatir adalah karena tanganku tidak ikut ji bengkak. Klo sudah sampe' bengkak seluruhnya (kaki, tangan dan muka) baru deh perlu alert karena itu juga salah satu tanda dari pre-eclamsia atau keracunan kehamilan. Lagipula kalo sudah duduk dan istirahat trus naikkan kaki (sambil dipijit sama suami ), bengkaknya berangsur hilang. Ya besok deh kalo kunjungan rutin dua mingguan ke dokter baru saya laporkan. Moga-moga semuanya normal... insya Allah.

Gerakan si Junior meskipun tetap aktif tapi tidak lagi bikin saya lompat atau terkaget-kaget lagi karena gerakannya yang kadang bikin surprise dengan berputar atau jungkir balik seperti bulan-bulan sebelumnya. Sekarang doi sudah rada kalem, hehehe... paling "menggeliat" saja... ya karena sekarang ruang geraknya sudah sangat terbatas sejalan dengan semakin tuanya usia kandunganku. Tapi jangan tanya kalo soal hiccuping alias cegukan alias sidu'. Frekuensinya makin sering dan sangat kuat. Kasihan juga my baby... meskipun kata buku dan internet cegukan itu bagus untuk bayi, tetap saja rasanya mo bilang "poor my baby!". Kita saja yang adult kalo sidu' rasanya tidak enak... bagemana kalo bayi? hee hee.

Oh iya, banyak yang bilang kalo perutku sudah terlihat agak 'turun'... apa iya ya? Padahal menurut literatur yang saya baca, untuk anak pertama biasanya "drop" ke rongga panggul pada saat 2-3 minggu sebelum waktu kelahiran (due date). Well, setiap kehamilan itu unik... alias berbeda satu orang dengan yang lainnya. Katie (adik iparku) malah perutnya sudah terlihat "drop" banget pada usia kehamilan 33 minggu (seperti usia kehamilanku sekarang ini). Tanggal 8 Februari (due date - perkiraan si Junior lahir dengan perhitungan usia kandungan 40 minggu) masih kurang lebih 6 minggu lagi. Sebenarnya 37 minggu sudah dianggap "full term" alias "cukup bulan" di mana bayi sudah siap sedia hidup di luar rahim. Artinya? Tinggal 4 minggu lagi dong ya?! Hhhmmm... antara excited dan khawatir ...

I'm just hoping that everything's gonna be just fine with me and my baby. And please... keep continue praying for us...

1 comment:

jabynnafe said...

micro touch titanium trimmer | TITanium Art
‎Trimmer in Tipe Art by Toshiaki titanium iv chloride Nakashima. tecate titanium › › Toshiaki Nakashima Design Studio's innovative slimmer design titanium rods can be found at our home. At our flagship store, we're inspired mens titanium watches by classic Japanese decor with apple watch aluminum vs titanium top notch