Wednesday, December 13, 2006

31 minggu (7 - 13 Desember 2006)

31 weeks 31 weeks 3 days

Minggu terakhir di bulan ke-7. Alhamdulillaah, everything's fine. Kondisi emosi (jiwa, hee hee) yang sampe' minggu lalu masih "heboh" sekarang sudah agak mereda... malah makin dekat due date saya jadi heran sendiri kok ya berubah (emangnya ksatria baja hitam? ) jadi sangat sabar? Apa mungkin pengaruh dzikr dan tadarrus yang memang belakangan ini makin saya "lancarkan"? Well, bukan apa-apa... mendekati hari "H" (mestinya hari "M" di'?!... "M"elahirkan ), saya agak-agak cemas. I think it's normal... maklum ini pengalaman pertama... and as I mentioned before, saya paling takut dan tidak nyaman dengan semua yang "berbau" rumah sakit, dokter, dan "teman-teman"nya. Alhamdulillaah, dzikr dan tadarrus membuat saya jadi lebih tenang, lebih sabar, dan lebih berserah diri kepada Allah. Ya semoga begitu seterusnya... sehingga saya ada kekuatan untuk menghadapi semuanya kelak bila tiba masanya melahirkan si shalehah Z... insya Allah.

"Keluhan" minggu ini tidak begitu banyak (hehehe... sebagai calon Bunda mestinya ndak boleh mengeluh di'?! Semua mestinya disyukuri... alhamdulillaah...). Yang paling berat rasanya punggungku jadi cepat sekali pegal dan bila duduk agak lama pun sudah tidak terasa nyaman. Padahal hobby ku tuh bangun pagi (sekitar jam 8-9) langsung duduk di depan komputer, entah itu cek email dan bloglines, mengunjungi blogs temans, sampe' baca berita koran online tanah air (terutama Liputan 6-nya SCTV dan Detik). Mostly sambil sarapan bubur kacang ijo atau wafel (dengan sirup buah segar buatan sendiri) atau terangbulan (a.k.a martabak manis) dan sari buah markisa-nya Welch's (yang ini tidak bikin heartburn... ndak kayak kalo minum jus jeruk). Nanti setelah semua dibaca baru deh mulai aktifitas ibu rumah tangga. Kadang kalo kelewat sibuk, nafas ngos-ngosan dan punggung pegal, baru saya 'take a break' di couch... sambil nonton tv (kebanyakan berita atau cuaca, hehehe) atau lanjutkan membaca buku.

Oh iya, minggu ini juga saya mulai latihan olah tubuh yoga prenatal. Sebenarnya saya bisa saja ikut kelas, kebetulan ada fitness center sekitar setengah km dari rumah yang ada kelas prenatal yoga-nya. Tapi latihannya malam dan cuma seminggu sekali, padahal saya maunya paling tidak latihan di rumah setiap pagi. Akhirnya beberapa waktu lalu, saya minta David untuk belikan DVD prenatal yoga-nya Sara Holliday yang khusus untuk trimester ketiga lewat Amazon. Alhamdulillaah, sudah saya coba dan tidak begitu sulit. Rasanya masih jauh lebih berat aerobik dan taisho (waktu kalo latihan karate jaman dahulu kala) dibanding ini. Memang sih lebih banyak relaksasi dan juga ada meditasinya... jadi tidak berat-berat amat (amat saja tidak berat ya? hee hee). Kalo tiba bagian meditasi, trus ada mengatur irama nafas dengan mengucapkan kata-kata yang saya tidak mengerti apa dan bagaimana (well, yoga itu kan dasarnya dengan mengambil prinsip dasar meditasi dalam Hinduism), saya ganti dengan berdzikir . Waktu saya cerita ke David, dia tertawa... trus bilang: bagus juga improvisasimu! Ha! Hasilnya? Selama beberapa hari ini mencoba latihan dengan mengikuti Ibu Sara lewat DVD tersebut, cukup menggembirakan. Otot-otot rasanya lebih relaks dan punggung sudah tidak begitu pegal lagi. Semoga betul kelak ada manfaatnya juga pada saat melahirkan nanti, insya Allah.

Bagaimana dengan perkembangan baby Z di minggu ke-31 ini? Menurut BabyCenter, tubuh, lengan dan kaki bayiku semakin bertumbuh dan sudah dalam ukuran proporsional selayaknya bayi yang baru lahir. Beratnya berkisar 1.5 kilogram (meskipun menurut dokter Fauzia, baby Z ukurannya sudah 1.5 kg sejak sebulan lalu), dengan panjang kurang lebih 41 cm dari kepala ke ibujari (kaki). Organ-organ tubuhnya pun makin berkembang matang, bahkan sudah bisa mengeluarkan urine (pee) dari kantung kemihnya... ya sebagai latihan "pipis" ntar kalo sudah lahir, insya Allah. Kalo baca fakta tentang perkembangan bayi kayak begini, saya kontan secara refleks mengelus perut sambil berbisik pelan dengan sayang kepada baby Z: Ah Nak, bikin apa ko di dalam? Semoga ko baek-baek saja ya, Nak...

Besok masuk minggu ke-32... artinya usia kehamilanku masuk 8 bulan. Oh my... it's getting closer... and closer...

No comments: