Saturday, September 02, 2006

Fill in the Blanks

Tiga bulan tidak meng-update... ternyata banyak juga yang harus dicerita...

Alhamdulillaah... sekarang sudah masuk minggu ke-17 (17 weeks, 3 days) dan kami berdua sehat-sehat saja. Ini ada gambar yang saya ambil langsung dari monitor ultrasound pada saat si Junior berumur 9 minggu (klik gambar untuk melihat lebih jelas). Subhanalaah... begitu nyaman dan damainya Junior di dalam tummy Bunda... Ah, setiap kali lihat gambar ini (yang sebelah kanan) jadi terharu lagi...


Dua bulan terakhir berkunjung ke OB/GYN, hasil ultrasound dan detak jantung si Junior sangat memuaskan... alhamdulillaah. Tapi... hasil pemeriksaan Hb or Hemoglobin (hemoglobinopathy) beberapa bulan lalu mendapatkan bahwa saya positif "menderita" (saya kasih tanda petik karena seumur hidup saya tidak pernah merasa 'sakit'. Mungkin karena tubuh sudah beradaptasi ya... mengingat penyakit ini merupakan penyakit yang diturunkan secara genetik) β thalassemia trait atau β thalassemia minor :

This is a mild anemia with microcytosis. Symptoms include weakness and fatigue - in most cases β thalassemia minor may be asymptomatic and many people may be unaware they have this disorder. Detection usually involves counting the mean corpuscular volume (size of red blood cells) and noticing a slightly decreased mean volume than normal.

[Thalassemia - Wikipedia, the free encyclopedia]


Tambahan sedikit. Tahu ndak? Dari website di atas, saya juga tahu kalo Pete Sampras dan Zizou (Zinedine Zidane) adalah penderita Thalassemia Minor :).

Kenyataan kalo saya kena beta-TM sebenarnya tidak bikin ka' heran sama sekali. Kak Ina (my oldest sister) didiagnosa menderita
Thalassemia Minor (Ket: tidak membahayakan nyawa penderita, tapi seringkali mengganggu kehidupan sehari-hari karena anemia yang berakibat lesu dan lemah) sejak doi masih di bangku SMA. Dan alhamdulillaah, meskipun didiagnosa demikian, doi baek-baek saja... malah kadang kelewat "super"(IMHO), hehehehe.. semua dilakoni dengan hebat dalam waktu yang sama: jadi anak sekolah, dosen, dan yang paling "jago" menurutku adalah mengurus 3 orang anak tanpa bantuan siapapun (ya tentu saja dibantu Kak Khae -- her best half) . Satu saja yang bisa 'kelihatan' dari Kak Ina kalo ada sesuatu yang "lain" (alien, kapang di'?! hahahaha!) adalah karena doi sedikit pucat. Dan "penyakit" ini biasanya jadi "muncul secara nyata" setiap kali doi hamil, Hb-nya pasti sangat rendah... memang, β thalassemia minor sangat gampang terdeteksi pada saat kehamilan. Alhamdulillaah... ketiga anak Kak Ina tumbuh dengan sehat dan smart (baik di sekolah maupun lingkungannya). Ah, semoga si Junior bisa juga ikuti jejak para sepupunya. Biarpun Bunda-nya ada "penyakit" (alhamdulillaah si Ayah tidak ada gen yang membawa Thalassemia ini), insya Allah si Junior dan adiknya (kalo Allah berkenan) sehat wal-afiat kelak... Amiiiiiiiin! Oh iya, waktu hasil Hemoglobinopathy keluar, dokterku sempat tanya apa saya baek-baek saja. Saya cuma tersenyum dan bilang kalo saya sama sekali tidak heran dengan hasilnya karena memang sudah tahu sejak awal kalo dalam keluarga kami disorder (kelainan) itu ada. Semua ada hikmahnya... dan lagi pula Allah sudah menjanjikan di penghujung Surah Al-Baqarah: "laa yukallifu Allahu nafsan illaa wus'ahaa" bahwa Allah tidak akan membebani hamba-Nya sesuatu yang tidak sanggup sang hamba memikulnya... Waktu saya singgung ayat tersebut, dokter Fauzia tersenyum lebaaaaaaaaar sekali dan menepuk-nepuk punggung tanganku. Dia bilang, seandainya bukan dari hasil tes darah, dia tidak akan pernah tahu kalo saya "punya" penyakit itu. Karena biasanya penderita β thalassemia minor ataupun anemia sangat kelihatan pucat dan lemah... sedangkan saya tidak terlihat pucat dan setiap bertemu beliau selalu penuh "semangat 45", hehehehe. Blum tahu beliau kalo sahabat saya, Tigin, dulu sering sekali menggoda saya dengan mengatakan kalo saya menyembunyikan batere super-alkaline di punggung saya (kayak itu eh iklan batere Duracell jaman dahulu, hehehehe...) karena katanya saya ndak ada capeknya! Eh, jadi rindu sama Tigin... *hiks*...

Insya Allah, besok lusa waktu kunjungan rutin ke dokter. Tak sabar rasanya ingin "intip" anakku lagi :). Doakan ya... semoga semuanya baek-baek saja.

No comments: